Tanya-Jawab 20-12-2012

Sedikit Nasihat Bersama :

Belajar Agama itu fardu ‘ain, sedangkan belajar dunia itu fardu kifayah.

Karena belajar ilmu dunia tidak akan menyelamatkan kita Dunia-Akhirat, namun hanya dunia saja, tapi apabila belajar Agama, insyaAllah akan menyelamatkan kita Dunia-Akhirat, karena agama Islam sendiri mewajibkan mempelajari ilmu Dunia dan keseimbangan Dunia-Akhirat.

Jangan marah, jangan benci bila diingatkan, karena marah dan benci ketika dinasehati adalah dikarenakan kerasnya hati, sama halnya ketika dahulu Fir’aun laknatullah dinasehati para Nabi, Allah mengeraskan hatinya, sehingga dia (Fir’aun) tidak dapat menerima hidayah dari Allah SWT.

 

Saya hanya menyampaikan semaksimal mungkin, hingga fulan paham benar, karena saya sayang pada saudara muslim dan muslimah, egois rasanya bila saya membiarkan saudara saya dalam jalan yang salah apalagi yang perkara ancamannya kekafiran,

 

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah..” (QS. Ali-Imran :110)

 

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar..”(QS. At-Taubah: 71)

 

Dan masih banyak lagi..

 

Pendahuluan

Tulisan ini dilatar-belakangi ketika saya melihat teman muslimah saya yang, mengucapkan selamat natal, merayakannya dan turut berbahagia. Awalnya saya mengira saya telah berburuk-sangka, mungkin dia tidak tahu hukum Islam sesungguhnya, perihal perkara ini. Ternyata berdasarkan pengakuan fulannya sendiri memang begitu.

Alih-alih menghentikan perilaku (maaf) kafir tersebut, malah melakukan pembelaan, sayang dasarnya adalah pluralisme mutlak. BUKAN dasar yang JELAS dan HAKIKI yang akan dibahas di depan. Berikut saya cantumkan beberapa pernyataan fulan dan tanggapan dari saya :

 


Pernyataan: ..kenapa gak langsung..

Tanggapan:  Awalnya saya hendak mengontak fulan secara langsung, tapi saya pikir seperti kurang kerjaan dan tidak efektif, oleh karena itu saya membuat note kecil dengan harapan semua orang lihat. Tentu, nyatanya memang tidak semua orang melihat, saya enggan melakukan peneguran langsung, karena saya pernah mendapat respon tidak enak, dan itu membuat saya sedikit membuat saya malas

 

P : ..perilaku yang menurut pandangan km salah..

T : Saya sudah bilang berulang-ulang kali, perilaku fulan bukan salah MENURUT SAYA, tapi MENURUT HUKUM ISLAM yg sudah jelas. Silahkan BACA INI dan YANG INI

 

P : ..Gak usah di status dan dibuat lucu-lucuan..

T : Saya tidak bermaksud lucu-lucuan, tapi sarkasme mungkin ya clip_image002

 

P :  ..ngomongin di belakang..

T : Maaf saya bukan pengecut yg ngomongin di belakang, yang saya harapkan apabila ada pernyataan pahami dengan baik, lalu kontak saya langsung, ini malah teman yang lain yg membela dgn cara yang tampaknya hendak menyerang saya dengan tidak sabar membalas komen dan menunggu balasan komen

 

P : ..Ini untuk lucu-lucuan ajah menyambut natal..

T : Mengapa ketika saya pasang status menyindir Anda tidak menerima karena dibilang lucu-lucuan, tapi anda sendiri membuat lelucon, dan ini lelucon Agama Fulan sendiri sebenarnya. Agama Islam BUKAN untuk lucu-lucuan, silahkan baca penjelasannya tentang LUCU-LUCUAN di SINI

 

P : Dan memang keluarga besar dan sahabat” aku banyak yg merayakan juga [secara hidup di lingkungan mayoritas non muslim dari kecil]. Jadi aku turut senang karena mereka semua sedang bergembira.

T : fulan salah besar, fulan mengikuti tata cara orang kafir dalam merayakan natal, apalagi sampai bergembira, segeralah bertaubat karena yang mengikuti orang kafir dalam beribadah adalah bagian dari kaumnya, Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk mereka (kaum tersebut).” (HR. Abu Dawud dari Abdullah bin ‘Umar dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani tdalam Shahih Al-Jami’, no. 6149)

selengkapnya silahkan BACA INI

 

P : Semua agama baik kok, gak ada yg buruk.

T : Kalau itu alasan fulan, saya punya beberapa pertanyaan, silahkan renungkan, TIDAK PERLU DIJAWAB

  • Jika semua agama baik, kenapa fulan masih Islam? ganti saja, toh sama-sama juga kan?
  • Fulan yakin semua agama langsung diturunkan Allah? Apa dasarnya fulan berkata demikian, jangan jawab, “KATA SAYA” ya. Sebaiknya fulan mempelajari jenis-jenis Agama lebih dalam lagi, agar paham pluralis fulan hilang

 

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali-Imran: 85)

 

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“..Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. al-Maaidah: 3)

 

  • Fulan pernah menemukan dalil bahwa nasrani/kristen adalah agama yang diturunkan Allah? Fulan punya dalil bahwa ada agama lain yang diridhoi Allah?

 

“Orang-orang Yahudi berkata: ‘Uzair itu putera Allah’, dan orang Nashrani berkata: ‘Al Masih itu putera Allah’. Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah-lah mereka; bagaimana mereka sampai berpaling? Mereka menjadikan orang-orang alimnya, dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah, dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (At-Taubah: 30-31)

Ayat ini menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang musyrik (menyekutukan Allah) dan Allah menerangkan dalam banyak ayat lain yang dengan tegas mengkafirkan mereka.

 

“Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih putera Maryam.” (Al-Maidah: 17, 72)

“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: Bahwa Allah salah satu dari yang tiga, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.” (Al-Maidah: 73)

“Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Dawud dan ‘Isa putera Maryam.” (Al-Maidah: 78)

“Sesungguhnya orang-or ang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (Al-Bayyinah: 6)

 

Dan masih banyak lagi, silahkan pelajari sendiri.

  • Kristen agama buatan Allah? atau buatan Isa AS? Jangan mengada-ada yah, hati-hati fulan bisa terkena dosa berlipat-lipat. Allah tidak menurunkan Agama selain Islam, Yahudi dan Nasrani (Nasrani ya, BUKAN kristen) pada dasarnya adalah Islam yang belum disempurnakan.

 

P : ..Jgn berburuk sangka dengan agama diluar islam..

T : Bukan berburuk sangka, sebaiknya fulan mempelajari Islam dan Kristen lebih jauh lagi, agar dapat bisa membedakannya

 

P : tapi Allah selalu tau kok mana yg terbaik untuk umatNya

T : Oleh karena itu, saya sampaikan pesan-pesan dari Allah SWT melalui Rasulullah SAW

 

P : Begitu kamu mengepost status ini harusnya kamu siap kapan aja untuk konfirmasi hal2 semacam ini.

T : Ustadz bukan profesi saya, saya tidak mungkin ‘nongkrongin’ komen fulan yang terkesan buru-buru dan emosi. Saya mengingatkan karena Allah dan saya tidak bisa setiap saat menunggu balasan dari Anda atau siapapun, saya juga punya kewajiban lain yang lebih penting daripada meladeni anda yang sedang emosi dan tak sabaran. Seharusnya fulan dan teman fulan bersyukur, masih ada yang mengingatkan, karena perilaku ini kafir berdasarkan hukum Islam, bukan KATA SAYA

 

P : Oke, sy akhiri saja perdebatan ini,..

T : Tampak jelas ternyata, Anda memang menganggap dan ingin berdebat, padahal saya bermaksud forum, share, udangan untuk kontak pribadi, bukan untuk berkomen-komen dengan emosi.

 

P : ..mudah2an kita sama2 belajar..

T : Baik, tapi tampaknya kalian yang harusnya lebih banyak belajar dasar agama lebih dalam lagi, agar tidak menuduh PANDANGAN HUKUM ISLAM dengan menyamakannya dengan PANDANGAN SAYA.


 

Akhir kata wabillahi taufiq wal hidayah, jazakumullah khoiron katsiron, saya rasa saya sudah menjelaskannya sedetail mungkin, TIDAK PERLU DIJAWAB, PAHAMI dan RESAPILAH, SAYA tidak menginginkan DEBAT sama sekali, apalagi DEBAT dengan dasar Anda yang SALAH.

Selanjutnya apakah akan tetap seperti itu atau tidak, terserah, pilihan Anda, yang penting saya sudah menyampaikan yang benar, atas dasar Islam bukan persepsi Anda yang jelas-jelas Bid’ah!

Maafkan apabila perkataan saya menyinggung, saya hanya ingin Anda mengerti dan mengetahui kebenaran yang HAQ, Kebenaran asalnya dari Allah SWT, kesalahan berasal dari Saya.

 

Wassalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuuh

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: